Pangdam I/BB Ajak DHD 45 Sumut Mencegah Munculnya Faham Anti Pancasila

MEDAN, Joeangnews: Pangdam I Bukit Barisan  Mayjen TNI Achmad Daniel mengajak semua elemen masyarakat Sumatera Utara terutama Dewan Harian Daerah Badan Pembiayaan Kejuanga 45 (DHD 45) Provinsi Sumatera Utara untuk mencegah munculnya faham yang bertentangan dan anti ideologi Pancasila.

Hal ini dikatakannya ketika menerima kunjungan silaturrahim Pengurus DHD 45 Sumut di Makanan Ini BB, Kamis (31/03/2022). Rombongan DHD 45 Sumut dipimpin langsung Ketua Umum Mayjen TNI (Purn) M. Hasyim didampingi Sekretaris Umum  Dr. Eddy Syofian, M.AP, Ketua II Drs. Sanggam Hutagalung, MM, Ketua Bidang Ekonomi dan Kesra Drs. Daudsyah Munthe, MM dan Ketua Bidang Infokom Dr. H. Sakhira Zandi, MSi.

Pangdam I BB menilai peran DHD 45 sebagai organisasi penerus kejuangan 45 mempunyai peran sangat strategis dalam mengawal pelestarian jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 45, wawasan kebangsaan, sejarah kebangsaan, dan Pancasila sebagai idiologi negara yang perlu terus diingatkan dan disosialisasikan kepada generasi muda.

“Saya berharap dari organisasi masyarakat sipil yang beragam latar belakang profesi dan pengalaman ini, bisa melakukan peran penting ini,” kata perwura bintang dia yang baru tiga minggu bertugas di Kodam I Bukit Barisan ini.

Lebih lanjut dikatakannya, Kodam I BB akan berkolaborasi dan bekerjasama untuk melaksanakan program kegiatan yang berhubungan dengan wawasan kebangsaan dan pemeliharaan situs sejarah serta tatengger yang ada di Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu Ketua Umum DHD 45 Sumut Mayjen TNI (Purn.) M. Hasyim melaporkan keberadaan organisasi DHD 45 dan menjelaskan berbagai program yang berkàitan dengan wawasan kebangsaan, penanaman jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan 45 (JSN 45), memelihara situs sejarah serta ikut menggali sejarah perjuangan bangsa.

Hasyim juga menyampaikan kedudukan Pangdam I BB sebagai anggota Dewan Kehormatan DHD 45 Sumut yang diketuai Gubernur Sumatera Utara.(hrn)