Ketua Umum DHD 45 Sumut Harapkan Bupati/Walikota Bantu Eksistensi DHD 45

MEDAN-JUANG45.COM : Ketua Umum Badan Pembudayaan Kejuangan DHD 45 Provinsi Sumatera Utara,  Mayjen TNI (Purn.) M. Hasyim berharap Bupati/Walikota di Sumut dapat membentu eksistensi Dewan harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45  (DHD BPK 45) guna memperkokoh organisasi yang mewariskan nilai-nilai kejuangan angkatan 45 itu  di daerah.

Harapan Ketua Umum DHD 45 itu disampaikan Sekretaris Umum DHD 45 Sumut Dr. Eddy Syofian M.AP, ketika bersilaturrahim dengan Wali Kota Pematangsiantar H. Hefriansyah di Balai Kota Pematangsiantar, Kamis, (25/11/2021).

Pengurus DHD 45 Sumut diantaranya Sekretaris Umum, Dr. Eddy Syofian , MAP, Ketua IV Dra. Hj. Risnawati Dartatik DMK, Apth, MM dan Bendahara Umum Ir. Vivi Savitri dan Ketua DHC 45 Kota Pematangsiantar masa bakti 2021-2026 Boyke Girsang.

Lebih lanjut Eddy mengatakan, organisasi DHD 45 adalah organisasi yang dibentuk pemerintah (Presiden Soekarno) sejak tahun 1961 dan pada tahun 1984 melalui Keppres No 50 tahun 1984 Presiden Soeharto mensahkan AD/ART organisasi ini.

“Jadi organisasi ini bukan LSM atau Ormas melainkan organisasi bentukan pemerintah,” tegas Eddy Syofian seraya menyebutkan tujuan pemerintah membentuk organisasi, ini guna melestarikan jiwa dan semangat nilai-nilai kejuangan angkatan 45 dan penguatan nasionalisme dan wawasan kebangsaan kepada generasi penerus,” kata mantan Kaban Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara ini.

Dihadapan Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah, Eddy Syofian  mengharapkan, Pemko Pematangsiantar dapat mendayagunakan organisasi DHC 45 dalam membantu pemerintah melestarikan dan mensosialisasikan nilai-nilai juang 45 kepada generasi muda dan ikut serta merawat warisan sejarah perjuangan bangsa di Pematangsiantar.

Menanggapi hal itu, Hefriansyah mengatakan pihaknya akan mendukung sepenuhnya  keberadaan organisasi ini di Kota Pematangsiantar karena dapat membantu program pemerintah. Dia berjanji akan ikut memberdayakan organisasi ini.

Di tempat terpisah Pengurus DHD 45 Provinsi Sumatera Utara juga bersilaturrahmi dengan Wakil Bupati Simalungun Zonni Waldi bersama Pengurus DHC 45 Kabupaten Simalungun.

Dalam kunjungan itu, Ketua IV DHD 45 Sumut Dra. Hj. Risnawati Dartatik Damanik juga menyampaikan harapan serupa kepada Pemkab Simalungun untuk ikut merawat warisan sejarah perjuangan yang ada di Simalungun.

Mantan Wakil Bupati Simalungun ini berharap agar Gedung Juang /Gedung Nasional yang berada di kota Pematangsiantar yang merupakan aset milik Pemkab Simalungun dapat segera direhab karena kondisinnya sangat memprihatinkan. Gedung itu juga merupakan Kantor Sekretariat DHC 45 Simalungun dan DHC 45 Kota Pematangsiantar.

“Kita prihatin melihat gedung yang merupakan warisan sejarah dan salah satu cagar budaya yang wajib kita lestarikan,” ujar Dartatik.

 

Waki Bupati Zonni Waldi berjanji akan membahasnya di jajaran Pemkab Simalungun agar gedung tersebut direhab dan difungsikan dengan berdayaguna dan berhasilguna. Dia juga berjanji Pemkab Simalungun akan ikut memberdayakan organisasi DHC 45 Simalungun.(hrn)